Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa tujuan Yesus Kristus datang ke dalam dunia?

Yohanes 17:1-6

1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.

3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

6 Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Apa tujuan Yesus Kristus datang ke dalam dunia?


Yesus menyatakan di kayu salib ”Sudah selesai”. Yesus datang ke bumi ini dengan tugas dan misi diatas kayu salib dan menumpahkan darah-Nya bagi seluruh umat manusia dan Dia melakukan itu. Pekerjaan telah selesai. Dengan cara yang sama Anda harus melihat hidup Anda melalui mata misi. Anda harus memahami ada misi khusus yang Allah berikan kepada kita semua secara individual dan juga untuk tubuh sebagai salah satu bagian dari tubuh Kristus.

Salib Tuhan Yesus mendekat, sehingga Dia berdoa menyatakan kerelaan-Nya untuk disalibkan. Dia hendak mengerjakan tugas-Nya. Dia menganggap salib-Nya sebagai kemuliaan, karena jika Dia disalibkan maka sifat-sifat yang berikut menjadi nyata: kasih karunia-Nya, kasih-Nya bagi manusia, ketaatan pada kehendak Allah Bapa, dan kerendahan hati-Nya.

Di dalam doa-Nya, Tuhan Yesus menyatakan bahwa Ia telah memuliakan Bapa melalui hidup dan pelayanan-Nya di dunia. Namun saat kematian-Nya telah tiba. Bila sebelumnya Ia telah memuliakan Bapa melalui hidup dan ketaatan-Nya kepada Bapa, maka saat itu Ia berdoa agar dapat memuliakan Bapa juga di dalam kematian-Nya. Di dalam permulaan doa-Nya, Yesus berdoa bagi diri-Nya sendiri. Ini bukanlah doa yang egois, karena sesungguhnya Ia menujukan semua itu bagi kemuliaan Bapa. Yesus sendiri dimuliakan melalui karya-Nya di kayu salib. Ia melakukan karya salib karena kehendak-Nya sendiri dengan menyampingkan kemuliaan kekal yang Dia miliki demi menyelamatkan manusia berdosa.

Yesus minta dimuliakan kembali seperti kemuliaan-Nya semula sebelum Ia datang sebagai manusia. Permintaan-Nya ini menegaskan tentang siapa Dia. Ia akan merampungkan karya penyelamatan-Nya melalui kematian-Nya di kayu salib. Bukan hanya itu, bahkan dalam sengsara dan kematian-Nya itulah sebenarnya Ia tengah dimuliakan.

Doa Yesus untuk murid-murid-Nya. Yesus mendoakan murid-murid-Nya agar mereka dipelihara dan menjadi satu, dilindungi dari segala yang jahat, dan dikuduskan di dalam kebenaran, supaya mereka mampu dan layak melaksanakan misi sebagai utusan-utusan Kristus. Mereka yang adalah milik Kristus dan juga milik Bapa, justru akan menjadi musuh dunia. Karena itu, mereka perlu ditopang oleh doa agar setia dalam tugas dan tekun dalam penderitaan.

Di saat yang paling genting dalam hidup-Nya, Yesus masih mampu berdoa untuk orang lain. Bagaimana dengan kita, pernahkah tindakan Yesus ini kita hayati dan menjadikan bagian dalam hidup kita?

Posting Komentar untuk "Apa tujuan Yesus Kristus datang ke dalam dunia?"