Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Nehemia 2:11-20 - PEMIMPIN YANG PROAKTIF

“Bangunlah aku pada malam hari bersama beberapa orang saja yang menyertai aku tidak memberitahukan kepada siapapun rencana yang akan kulakukan untuk Yerusalem, yang diberikan Allah kepadaku dalam hatiku. Juga tak ada lain binantang kecuali yang kutungganggi.” (Nehemia 2:12)

Renungan Nehemia 2:11-20 - PEMIMPIN YANG PROAKTIF


Telah menjadi prinsip dalam sebuah gerakan bahwa dalam mencapai tujuan kita perlu bergerak dengan orang yang mau bergerak. Budaya ‘menunggu’ orang lain dahulu baru bergerak telah menjadi kebiasaan yang sangat merugikan. Proaktif merupakan tindak antisipasi terhadap suatu masalah, atau suatu kebutuhan, atau perubahan (acting in aticipation of future problems, needs,or changes).

Nehemia cukup jeli dengan apa yang harus dilakukan, sehingga tanpa harus menunggu ia bergerak secara senyap dengan beberapa orang. Ia bangun pada malam hari untuk menyelidiki situasi dan kondisi tembok Yerusalem yang telah terbongkar itu. Ia diberi visi oleh Tuhan untuk berbuat sesuatu, tanpa harus ‘viral’ dulu ke mana-mana. Sehingga para penguasa tidak tahu. Nanti dalam ayat 17 ditulis bagaimana Nehemia kemudian memberitahu (men-sharingkan) pokok persoalan berdasarkan data hasil surveynya itu. Tindakan proaktifnya itu menggugah hati sehingga menggerakkan orang lain untuk bekerja bersamanya. Namun rupanya ada hambatan, ada Sanbalat dan Tobia, yang mencoba melecehkan project restorasi yang mulia itu. Tetapi gangguan itu tidak menyurutkan semangat Nehemia untuk tetap membangun. Sudah menjadi kenyataan bahwa setiap pekerjaan yang benar pasti ada tantangan dan hambatan.

Pada suatu hari seorang hamba Tuhan senior berkata pada seorang anak muda: “Apabila anda mau melayani Tuhan tanpa tantangan dan masalah, berhenti saja melayani.” Spontan sang anak muda itu tak setuju. Sejak itu ia semakin proaktif bagi pekerjaan Tuhan. Ladang yang sudah menguning, matang untuk dituai, tak punya waktu untuk menunggu orang yang pasif. (Yoh.4:35). Belajar pula dari Paulus, pada saat ia bertobat, tak lama kemudian ia berangkat ke Arab untuk memberitakan Injil (Gal 1:16-17). Apakah kita orang yang proaktif?

Seorang pemimpin yang melakukan terobosan baru selalu berpikir dan bergerak lebih dahulu daripada pengikutnya.

Posting Komentar untuk "Renungan Nehemia 2:11-20 - PEMIMPIN YANG PROAKTIF"