Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIA DATANG MENJADIKAN SEGALANYA BARU | Khotbah Natal 2023

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan yang baru; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 2 Korintus 5:17

DIA DATANG MENJADIKAN SEGALANYA BARU - Khotbah Natal 2024

Tema yang diberikan kepada saya dalam natal ini adalah “DIA MENJADIKAN SEGALANYA BARU”. Ayat pokoknya terambil dari 2 Korintus 5:17,”Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan yang baru; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” Memang di dunia ini hanya ada satu pribadi yang sanggup mengubah segala sesuatu menjadi baru, yaitu Tuhan. Pada waktu kita menyerahkan kehidupan kita kepada Tuhan, maka Tuhan akan mengubahkan kita menjadi pribadi yang baru. Wahyu 21:5 menulis,” Ia yang duduk di atas tahta itu berkata:”Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.”

Apa saja yang menjadi baru?

Lalu apa saja hal-hal yang menjadi baru di dalam Tuhan?

1.    Hati yang baru.

Yekezkiel 36:25-26 menulis,” Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu. Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan kuberikan hati yang baru dan roh yang baru di dalam batinmu dan aku akan menjauhkan dari padamu hati yang keras dan kuberikan kepadamu hati yang taat.”

Janji Allah dalam ayat ini begitu indah. Ketika kita membuka hati untuk Kristus masuk dalam hati kita, maka hati kita akan diubah menjadi hati yang baru. Allah akan menjauhkan hati kita yang begitu keras, yang sudah tercemari oleh berbagai macam kejahatan, dan memberi kita sebuah hati yang bersih, dan taat kepada-Nya. Terpujilah Allah untuk anugerah-Nya yang begitu ajaib.

2.    Masa depan yang baru.

Yehezkiel 43:18-19 mencatat,”Firman-Nya: Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.”

Tuhan datang ke dunia untuk memberikan pengharapan akan masa depan yang baru. Bagaimanapun keadaan kita, mari tetap berharap akan kasih-Nya. Tuhan merencanakan masa depan yang baru bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. Sekalipun untuk mencapai hal itu, terkadang Tuhan membawa kita dalam masa-masa seolah-olah kita ada di padang gurun, tetapi percayalah bahwa akhir perjalanan kita adalah Kanaan yang indah. Jangan menyerah, tetaplah berjalan bersama Dia, sampai segala sesuatunya indah pada waktunya.

Lebih dari sekedar pengharapan akan masa depan di bumi ini, bagi kita orang-orang yang percaya kepada-Nya, maka Tuhan sudah sediakan keselamatan kekal. Roma 5:1-2 menulis” Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.”

3.    Tempat yang baru.

Wahyu 21:1-4 menjelaskan, “Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengahtengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."

Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, selain Tuhan menjanjikan hati yang baru, masa depan yang baru, maka Tuhan juga menjanjikan langit dan bumi yang baru. Inilah tempat yang disediakan Tuhan bagi orang-orang pilihan-Nya. Semua pemeluk agama tentu meyakini bahwa ada tempat setelah kita tinggalkan dunia ini, atau setelah kita dibangkitkan dari kematian. Bagi kita orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, Tuhan menjanjikan langit dan bumi yang baru, tempat dimana kita akan tinggal bersama-sama dengan Yesus Kristus, Raja segala raja.

Penutup.

Mari kita renungkan kembali anugerah Tuhan yang luar biasa ini. Mengapa harus ada natal? Mengapa Yesus harus datang ke dunia? Hari ini kita belajar, bahwa Dia datang untuk membuat segalanya baru. Hati yang baru, masa depan yang baru dan tempat yang baru.

Klik Link di bawah....VV

https://www.mencerahkanpikiran.com/2022/12/kumpulan-khotbah-kristen.html


1 komentar untuk "DIA DATANG MENJADIKAN SEGALANYA BARU | Khotbah Natal 2023"

  1. Namun di era modern ini, semangat (spirit) merayakan natal sedikit berbeda dibandingkan saat jaman Yesus.
    Selamat Natal untuk Anda dan semua pengunjung blog ini.

    BalasHapus

Berkomentar yg membangun dan memberkati.