Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Ayat Alkitab Tentang Jaminan Keselamatan di Dalam Kristen

40 Ayat Alkitab Tentang Jaminan Keselamatan di Dalam Kristen


JAMINAN dalam bahasa Yunani “αρραβων” arrabon. Dalam penggunaan umum untuk menunjukkan "janji" atau "sungguh-sungguh“. Dalam PB hanya digunakan untuk apa yang dijamin oleh Allah kepada orang-orang percaya; dikatakan tentang Roh Kudus sebagai "janji" ilahi dari semua berkat masa depan mereka, 2 Kor 1:22; 5:5 ; dalam Ef 1:14 , khususnya tentang warisan kekal mereka. Dalam bahasa Yunani modern, arrabona adalah "cincin pertunangan"

Di dalam rencana penyelamatan tersebut, Allah tidak pernah merencanakan atau memiliki tujuan untuk membinasakan manusia kemudian Allah memilih orang-orang yang khusus untuk diselamatkan dan menjadi bagian dalam kerajaanNya yang kekal. Allah telah memberikan kepada manusia kehenadak bebas “Free Will” sehingga dapat memilih mau mengikuti dan menaati kehendak Tuhan atau tidak. Kejatuhan dalam dosa mengakibatkan manusia kehilaangan  kemuliaan Allah ( Roma 3:23) dan antara Allah dengan manusia memiliki jurang pemisah, yakni dosa, upah dari pada dosa adalah maut (Roma 3:23) karena Dia yang Maha pengasih maka, “ Allah sendiri yang mengambil inisiatif pengadaan jalan keselamatan sebagaiman yang telah Ia janjikan dalam kejadian 3:15, sesaat manusia jatuh didalam dosa dan janji itu disampaikan secara sepihak.

Jaminan keselamatan adalah janji Allah kepada orang yang menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan juruselamat yakni membebaskan dari hukum dosa dan memulihkan hubungan antara Allah dan manusia melalui Yesus Kristus dan memeteraikan-Nya dengan Roh Kudus sebagai jaminan.


Roma 5:1-5

1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.

3 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,

4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Roma 6: 5-8

5 Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

7 Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.

8 Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia.

Roma 6:17-18

17 Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu.

18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Efesus 1:4-8

4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,

6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

Efesus 2:6-9

6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,

7 supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.

8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Titus 3: 5-7

5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

6 yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita,

7 supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.

Markus 2:10-11

10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"  berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu

11 "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

Yohanes 5:24-25

24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.

25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.

Yohanes 10:25-29

25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,

26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.

27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

Yohanes 11: 25-26

25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,

26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Yohanes 14:6-7

6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

Roma 8:38-39

38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,

39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.


Posting Komentar untuk "40 Ayat Alkitab Tentang Jaminan Keselamatan di Dalam Kristen"