Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KAMU ADALAH TERANG DUNIA

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Yohanes 8:12


KAMU ADALAH TERANG DUNIA

Sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa di dalam kita ada terang ilahi yang harus senantiasa terpancar. Tugas kita bercahaya di tengah dunia yang diliputi dengan kegelapan. Kita bukan hanya menjadi terang di tengah lingkungan yang terang juga, tetapi harus menjadi terang dimana disitu hanya ada kegelapan dan tidak ada terang. Kalau kita hanya bersinar diantara sesama anak Tuhan saja, maka terang kita tidak akan nampak nyata. Sementara ketika kita berada di tengah-tengah dunia yang gelap, jangan sampai malah kita turut larut di dalamnya sehingga kita turut larut dalam kegelapan dan kita lupa dengan fungsi kita menjadi terang dunia.

Kristus adalah Terang dunia.

Yohanes 8:12,” Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Karena tugas kita adalah sebagai terang dunia, berarti kita harus menjadi saksi Kristus yang adalah terang dunia.

Efesus 5:8,”Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,” Sebagai anak-anak terang, tidak seharusnya kita kompromi dengan dunia ini. Sebaliknya hidup kita harus bercahaya sehingga orang-orang di luar Tuhan dapat melihatnya, karena kita memiliki kehidupan yang berbeda. Melalui ayat ini Rasul Paulus mengingatkan kepada jemaat Efesus, bahwa mereka yang sekarang, berbeda dengan mereka yang dahulu. Bahwa sejak mereka percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, dan menjadi miliknya, keadaan mereka benar-benar berubah. Perbedaan itu menurut Rasul Paulus bahkan sangat kontras, seperti gelap dan terang. Jadi, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna,” (Roma 12:2).

Makna Terang Dalam Alkitab

Terang menurut Alkitab merupakan metafora yang mengandung berbagai makna yaitu:

1.    Gambaran dari karakter Allah sendiri ( 1 Yoh 1:5;Yoh 8:12).

2.    Gambaran dari kebaikan, kebenaran dan keadilan (Ef 5:8-9)

3.    Gambaran dari kekudusan Allah ( 1 Tim 6:16)

4.    Gambaran untuk sesuatu yang tersingkap ( 1 Kor 4:5;Ef 5:13).

Pengertian terang

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan terang adalah:

1.    Yang menyembabkan segala sesuatu dapat kelihatan

2.    Cerah, tidak gelap, tidak kelam

3.    Nyata dan jelas kelihatan

Dengan demikian, terang dapat diartikan sebagai:

1.    Yang menyebabkan segala sesuatu dapat terlihat dengan jelas

2.    Ketiadaan kegelapan

Mengapa terang disebut sebagai ketiadaan dari terang? Karena kegelapan berarti absennya atau ketiadaan dari terang.

3.    Dapat menerangi tempat yang gelap.

4.    Memberikan petunjuk atau penuntun.

5.    Memberikan peringatan terhadap adanya bahaya.

Bagaimana kita menjadi terang?

1.    Kita adalah terang karena identitas kita dalam Kristus (Matius 5:13-16)

Kita mengetahui bahwa identitas orang Kristen dikenal lewat dua kualitas yaitu ungkapan “garam” dan “terang” dunia. Ungkapan ini mengacu pada “perbedaan” dan “pengaruh”. Kita berbeda ( bukan dari dunia) dan kita harus menjadi pengaruh.

2.    Dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik.

Melalui perbuatan baik kita,orang-orang yang tidak percaya akan melihat terang Kristus di dalam kita. Itulah sebabnya Yesus menegaskan,”Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."(Matius 5:16).

3.    Orang percaya juga harus menjadi penuntun/petunjuk.

Seperti sebuah mercusuar di tengah laut yang membawa orang lain kepada jalan yang benar,yaitu Kristus terang yang sejati itu. Kehadiran orang percaya juga menjadi sebuah peringatan yang menghindarkan orang lain jatuh, tersesat bahkan binasa.

4.    Membawa pengaruh dan berbuahkan kebaikan, keadilan dan kebenaran ( Filipi 2:15).

Filipi 2:15,”supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia.”

Penutup

Kita memiliki mandat sebagai terang dunia. Artinya terang yang menyinari dunia. Mari kita menyadari akan hal ini.

                                                          Klik Link di bawah..VV

https://www.mencerahkanpikiran.com/2022/12/kumpulan-khotbah-kristen.html




Posting Komentar untuk "KAMU ADALAH TERANG DUNIA"