Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENELADANI YESUS


Markus 10:45,” Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang

MENELADANI YESUS - Khotbah terbaru 2023

Markus 10:45,” Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." Anak manusia adalah istilah bagi Yesus. Kalau ada gelar untuk Tuhan Yesus di Alkitab yang paling disukai Tuhan Yesus adalah ‘Anak Manusia”. Mengapa Yesus memakai istilah anak manusia, ini dilator belakangi dalam kitab Daniel, dimana Daniel mendapat penglihatan ada seorang serupa Anak Manusia, turun dari langit. Yesus memakai istilah Anak Manusia, untuk menyatakan bahwa “Saya bukan manusia biasa”. Saya ini adalah manusia yang turun dari langit, dari sorga seperti yang dilihat oleh nabi Daniel.

Tujuan Tuhan Yesus datang ke dunia.

Tuhan Yesus datang ke dalam dunia ini untuk banyak tujuan. Tujuan utamanya yaitu untuk menebus dosa manusia. Tetapi tujuan yang lainnya diantaranya adalah supaya kita bisa meneladani Dia, sehingga apa yang Yesus lakukan, kita bisa ikuti dan menirunya. Hal ini juga dapat dilihat dalam Matius 20:28,”sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." Disitu ada istilah “sama seperti”. Artinya kita sebenarnya di suruh untuk meneladani Tuhan Yesus. Hidup seperti Tuhan Yesus.

Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus?

Kalau kita mau meneladi Tuhan Yesus, maka kita perlu tahu apa yang Tuhan Yesus lakukan. Untuk itu mari kita perhatikan apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus.

1.    Datang

Tuhan Yesus banyak menggunakan kata “datang” dan bukan lahir. Matius 5:17,"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya”.

Lukas 19:10,”Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Yohanes 10:10,” Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Yesus tidak menggunakan kata ”Aku lahir”, tetapi ” Aku Datang”. Apa artinya? Perhatikan misalnya kata” saya datang”. Sebelum saya kesini, saya sudah ada belum? Sudah tentunya, walaupun belum di sini, mungkin masih di rumah atau di jalan. Saya sudah harus ada sebelum saya datang. Saya mengambil keputusan datang, lalu saya datang,sehigga saya tiba disini. Berarti datang itu menunjukkan bahwa saya sudah ada sebelumnya.

Kalau Tuhan Yesus berkata,” Aku Datang”, itu artinya menunjukkan bahwa sebelum datang, Dia sudah ada. Yohanes 6:38,” Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku”. Yohanes 8:58,” Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

2.    Bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani.

Kalau ada pemimpin atau pembesar datang kepada kita, dia pasti akan dilayani. Tapi Yesus, sekalipun memilliki jabatan yang tinggi, bukan sekedar presiden, Dia Tuhan, Allah, Kalau dia minta tidak dilayani saja, itu pasti hal yang luar biasa. Tapi Tuhan Yesus bukan sekedar, tidak mau dilayani, tetapi justru mau melayani.

Hidup Yesus memang penuh dengan pelayanan. Markus 1:38,” Jawab-Nya: "Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang ." Yohanes 4:34,” Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.”

3.    Untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Yesus lahir untu mati. Semua orang lahir untuk hidup. Tapi Yesus lahir justru untuk mati. Mengapa Yesus harus mati? Karena Dia mau menjadii tebusan bagi banyak orang.

Apa yang kita teladani dari Tuhan Yesus?

1.    Kita harus melayani ( Mark 10:43-44)

Markus 10:43-45.” Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." Kalau Yesus sudah datang untuk melayani kita, maka kita harus membalas dengan melayani Dia.

2.    Menyerahkan nyawa( Mark 10:45) Kalau untuk memberikan nyawa untuk tebusan, mustahil kita lakukan. Tapi memberikan nyawa, bisa kita lakukan. Orang yang percaya Yohanes 3:16 juga harus melakukan 1 Yohanes 3:16.

Yohanes 3:16,” Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

1 Yohanes 3:16,” Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita”.

Arti menyerahkan nyawa adalah kita rela berkorban untuk saudara-saudara kita. Pelayanan bukan pelayanan tanpa pengorbanan. Semangat natal adalah semangat berkorban. Itulah hakikat pelayanan kita.

Penutup

Meneladani seorang tokoh yang terkenal dan kharismatik memang baik, tetapi seringkali membuat kita kecewa karena ternyata ada begitu banyak dosa yang telah dilakukannya. Firman Tuhan mengajak kita agar meneladani Yesus Kristus di dalam kehidupan sehari-hari dengan menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus. Kita meneladani Yesus Kristus karena Dia tidak menyayangkan keberadaanNya sebagai Tuhan sebagai hal yang harus dipertahankan.

Demi menyelamatkan umat manusia, Dia rela menjadi manusia dan meninggalkan kenikmatan, meninggalkan kesenangan, meninggalkan sorga dan rela mati di kayu salib. Yesus mau merendahkan diri dan rela menjadi miskin agar kita menjadi kaya dalam anugerah. Dia tidak berbuat dosa dan tidak ada dusta di dalam diriNya. Dia setia dan murah hatiNya. Ada begitu banyak teladan yang diberikan Yesus kepada kita dan apabila kita mengikutiNya serta menjadikanNya seorang teladan, kita tidak akan pernah kecewa. Mari menjadikan Yesus sebagai teladan di dalam hidup kita dan percayalah kita tidak akan pernah kecewa dibuat-Nya karena Dia adalah setia dan adil. Terpujilah nama Tuhan.

Posting Komentar untuk "MENELADANI YESUS"