Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allah memberikan kepada Musa perjanjian baru

 

Allah memberikan kepada Musa perjanjian baru

Keluaran 34 berisi tentang peristiwa di Gunung Sinai di mana Allah memberikan kepada Musa perjanjian baru setelah bangsa Israel melakukan penyembahan terhadap patung anak lembu emas. Tafsiran terperinci mengenai seluruh pasal dalam Kitab Keluaran 34 adalah sebagai berikut:

Pasal 1-4: Allah memerintahkan Musa untuk memotong dua lempeng batu yang serupa dengan lempeng sebelumnya yang telah Musa pecahkan. Allah akan menuliskan hukum-hukum-Nya di atas lempeng tersebut.

Pasal 5: Musa mempersiapkan dua lempeng batu yang baru dan pergi ke atas gunung pada pagi hari untuk menemui Allah.

Pasal 6-7: Allah menampakkan diri-Nya kepada Musa dan memperkenalkan diri-Nya sebagai "Tuhan, Tuhan, Allah yang penyayang dan pengasih, panjang sabar dan besar setia-Nya."

Pasal 8-9: Musa segera menyembah dan sujud menyembah di hadapan Allah. Ia memohon Allah untuk mengampuni bangsa Israel dan mengikutinya sebagai umat pilihan-Nya.

Pasal 10-14: Allah membuat perjanjian baru dengan bangsa Israel. Perjanjian ini meminta mereka untuk tidak menyembah allah lain, tidak membuat patung sembahan, merayakan hari Sabat, dan menaati hukum-hukum-Nya. Allah menjanjikan untuk melakukan mujizat-mujizat di tengah-tengah mereka dan memberikan tanah Kanaan kepada mereka sebagai milik pusaka.

Pasal 15: Allah melarang bangsa Israel untuk mengikat perjanjian dengan bangsa Kanaan yang sedang mereka tuju, karena bangsa Kanaan menyembah dewa-dewa lain.

Pasal 16-26: Allah memberikan perintah-perintah terkait penyembahan yang benar, merayakan hari raya yang khusus, melarang pernikahan campuran dengan bangsa-bangsa lain, dan mengikat berbagai peraturan lainnya dalam perjanjian-Nya.

Pasal 27-28: Allah memberikan instruksi untuk mempersembahkan persembahan pertama dari tanah dan hewan pertama yang diperoleh.

Pasal 29-32: Musa turun dari gunung Sinai membawa dua lempeng batu yang berisi sepuluh perintah Allah. Wajahnya bercahaya karena ia telah berbicara dengan Allah. Bangsa Israel takut dan meminta Musa untuk menutupi wajahnya. Musa juga memberitahukan kepada mereka perintah-perintah Allah.

Pasal 33: Musa berbicara dengan Allah di dalam kemah pertemuan dan meminta Allah untuk menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka dan mengantar mereka ke tanah yang dijanjikan.

Pasal 34: Allah menjanjikan untuk mengirimkan malaikat-Nya untuk mendampingi bangsa Israel dalam perjalanan mereka ke tanah Kanaan. Allah juga memerintahkan mereka untuk tidak menyembah allah lain dan untuk merayakan hari-hari raya-Nya.

Itulah beberapa tafsiran mengenai Kitab Keluaran 34. Kitab ini mengandung banyak perintah dan perjanjian yang diberikan oleh Allah kepada bangsa Israel melalui Musa di Gunung Sinai.

Posting Komentar untuk "Allah memberikan kepada Musa perjanjian baru"