Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluaran 40:1-33 Musa Mendirikan Kemah Suci

 

Keluaran 40:1-33 Musa Mendirikan Kemah Suci

Keluaran 40:1-33 menggambarkan pembangunan Kemah Pertemuan atau Kemah Suci yang merupakan tempat suci bagi umat Israel saat mereka berada di padang gurun. Berikut ini adalah tafsiran ayat-ayat tersebut:

Kitab Keluaran 40:1-3:

"1 Kemudian TUHAN berfirman kepada Musa: 2 "Pada hari pertama bulan yang pertama haruslah kauirikan Kemah Pertemuan, yaitu Kemah Suci. 3 Pada waktu itu haruslah kauletakkan di dalamnya tabut hukum dan menutupinya dengan tabir."

Pada ayat-ayat ini, TUHAN memerintahkan Musa untuk mengatur kembali Kemah Pertemuan atau Kemah Suci pada hari pertama bulan yang pertama. Kemah Pertemuan adalah tempat suci di mana Tabut Hukum (Tabut Perjanjian) ditempatkan, dan itu harus ditutup dengan tabir.

Kitab Keluaran 40:4-8:

"4 Lalu haruslah kauhantarkan meja dan letakkan segala perabotannya, dan haruslah kauhantarkan kandil dan nyalakanlah pelitanya. 5 Kemah Penyaksian haruslah kauhantarkan dan pasanglah tabir di depan pintu Kemah itu. 6 Mezbah pembakaran korban haruslah kauhantarkan dan meletakkan perabotannya di depan pintu Kemah Pertemuan. 7 Kemah haruslah kauhantarkan dan pasanglah tabir di sekeliling Kemah itu. 8 Mezbah haruslah kauhantarkan dan pasanglah tabir di pintu Mezbah itu. Kemah Pertemuan haruslah kauirikan dan meletakkan alat-alatnya."

Dalam ayat-ayat ini, TUHAN memerintahkan Musa untuk menghantarkan dan mengatur kembali semua perabotan suci seperti meja roti sajian (meja roti tumpah), kandil dengan pelitanya, dan mezbah pembakaran korban. Selain itu, harus ada tabir yang dipasang di depan pintu Kemah Pertemuan dan di sekelilingnya.

Kitab Keluaran 40:9-11:

"9 Lalu haruslah kauambil minyak urapan dan engkauurapi Kemah dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, dan kaukuduskanlah Kemah itu dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, maka itulah akan menjadi kudus. 10 Mezbah pembakaran korban haruslah kauurapi dan segala perkakasnya, dan kaukuduskanlah mezbah itu, maka mezbah itu akan menjadi yang paling kudus. 11 Kemah Penyaksian dan tabut hukum haruslah kauurapi juga."

Pada ayat-ayat ini, TUHAN memerintahkan Musa untuk mengambil minyak urapan dan mengurapi Kemah Pertemuan beserta semua isinya. Melalui pengurapan ini, Kemah Pertemuan dan semua perabotan suci di dalamnya akan dikuduskan.

Kitab Keluaran 40:12-15:

"12 Dan haruslah kauhantarkan Harun dan anak-anaknya ke dekat pintu Kemah Pertemuan dan menyucikan mereka dengan air. 13 Harun haruslah mengenakan pakaian kudus dan engkauurapi dia, dan dia akan menjadi imam-Ku. 14 Dan haruslah kauhantarkan anak-anaknya dan mengenakan jubah pada mereka. 15 Engkau harus mengurapkan mereka, sama seperti engkau mengurapi ayah mereka, supaya mereka menjadi imam-Ku. Hal itu haruslah dilakukan oleh mereka, karena mereka menjadi imam bagi-Ku."

Dalam ayat-ayat ini, TUHAN memerintahkan Musa untuk membawa Harun dan anak-anaknya ke dekat pintu Kemah Pertemuan dan menyucikan mereka dengan air. Harun akan diurapi dan mengenakan pakaian imamat yang kudus, sehingga dia menjadi imam bagi TUHAN, begitu juga dengan anak-anaknya.

Kitab Keluaran 40:16-33:

"16 Dan Musa melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, demikianlah dilakukannya. 17 Maka pada bulan yang pertama pada tahun yang kedua, pada hari pertama bulan itu, didirikannyalah Kemah itu. 18 Lalu ditaruhnyalah meja dalam Kemah itu, di tempat yang biasanya disinggahi oleh meja itu, yaitu di sebelah utara Kemah itu, di luar tabir. 19 Kemudian ditempatkanlah roti di atas meja itu, di hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 20 Dan diletakkannyalah kandil di dalam Kemah Pertemuan, di sebelah selatan meja itu, di luar tabir, 21 dan dinyalakannyalah pelita-pelita itu di hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 22 Kemudian ditempatkanlah mezbah pembakaran korban di dalam Kemah Pertemuan, di hadapan tabir. 23 Di atas mezbah itu diletakkanlah korban bakaran dan korban sajian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 24 Dan meletakkanlah pembakaran korban itu di depan TUHAN; dan sesungguhnya TUHAN berfirman kepada Musa: "Demikianlah harus kauberi hormat kepada-Ku."

25 Lalu ditempatkanlah kemah itu di luar Kemah Pertemuan, jauhnya seperti anak panah, dan disebutnya tempat kudus itu kemah pada TUHAN. Dan demikianlah Musa menyelesaikan pekerjaan itu.

26 Maka diturunkannyalah tabut kesaksian itu ke dalam Kemah Pertemuan, dan ditaruhnya tabir di depan tabut itu, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 27 Kemudian meletakkanlah tutup tabut di atasnya, dan sesungguhnya TUHAN berfirman kepada Musa: "Demikianlah harus kauberi hormat kepada-Ku."

28 Lalu ditempatkanlah meja di dalam Kemah Pertemuan, di sebelah utara tabut itu, di luar tabir, 29 dan ditempatkanlah roti di atas meja itu, di hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

30 Kemudian ditempatkanlah kandil di dalam Kemah Pertemuan, di sebelah selatan meja itu, di luar tabir, 31 dan dinyalakannyalah pelita-pelita itu di hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

32 Mezbah emas untuk korban pembakaran pun dibuatnya, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. 33 Kemudian meletakkanlah mezbah itu di dalam Kemah Pertemuan, di depan tabir."

Pada ayat-ayat ini, Musa melakukan semua yang diperintahkan TUHAN kepadanya. Ia mendirikan Kemah Pertemuan pada bulan yang pertama, tahun yang kedua. Semua perabotan suci, termasuk meja roti sajian, kandil, dan mezbah pembakaran korban, ditempatkan sesuai dengan petunjuk TUHAN. Tabut Hukum diletakkan di dalam Kemah Pertemuan, dengan tabir dan tutupnya, mengikuti perintah TUHAN. Semua langkah ini dilakukan oleh Musa sesuai dengan instruksi yang diberikan TUHAN kepadanya.

Itulah tafsiran Kitab Keluaran 40:1-33 yang menggambarkan pembangunan Kemah Pertemuan atau Kemah Suci dan penataan perabotan suci di dalamnya.

Posting Komentar untuk "Keluaran 40:1-33 Musa Mendirikan Kemah Suci"