Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samantha Smith (Duta Perdamaian Dunia dari Maine)

Samantha Smith (Duta Perdamaian Dunia dari Maine)


Samantha Reed Smith lahir pada 29 Juni 1972 di Manchester, Maine, Amerika S Serikat. la adalah bocah yang mengirim surat kepada presiden Soviet, Yuri An dropov, pada Desember 1982. Dalam suratnya ia bertanya: "Betulkah Uni Soviet akan menyerang Amerika?"

Andropov terharu membaca surat itu, lalu mengundang Samantha untuk berkunjung ke Soviet. Sekalipun Andropov tak menemui Samantha, yang disebut nya sebagai duta perdamaian cilik, tapi ia memberikan kehormatan pada bocah Amerika itu. Samantha dielu-elukan bak pahlawan. "Ternyata orang Rusia sama sekali tak ingin berperang," kata Samantha sekembalinya dari Uni Soviet.

Sejak itu Samantha menjadi populer. Wajahnya sering muncul di koran dan layar televisi. Awal Januari 1984, ia menjadi pembicara di simposium internasional mengenai anak-anak di Kobe, Jepang. "Saya bermimpi bahwa pada tahun 2001 nanti, di sekeliling kita yang ada hanya sahabat, tak ada negara yang ber perang, tidak ada permusuhan, dan tidak ada lagi pengeboman," demikianlah harapannya.

Awal tahun 1985 tahun, Samantha memulai debutnya di dunia hiburan de ngan membintangi film televisi Line Street. la juga menulis buku tentang lawatan nya ke Soviet dengan judul Journey to The Soviet Union. Sayangnya, ia kebutu tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat pada 25 Agustus 1985 sebelum sempat menikmati semua jerih payahnya. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi banyak orang. Mikhail Gorbachev, pemimpin Uni Soviet (kini Rusia) saat itu menulis surat belasungkawa, "Setiap orang di Uni Soviet akan mengenang selamanya bayangan seorang gadis Amerika yang bagaikan jutaan pemuda pemudi Soviet, mengimpikan damai." Sedangkan Presiden Ronald Reagan me nulis pesan yang berbunyi, "Jutaan orang Amerika berbagi beban kesedihan, mengingat, dan menghargai senyum, idealisme, dan kemanisan jiwanya."

Perjuangan Samantha mewujudkan perdamaian dunia mendapat apresiasi beragam. Pemerintah Uni Soviet membuat sebuah perangko bergambar dirinya dan membangun monumen di Moskow. Sementara itu, pemerintah negara bagian Maine menetapkan setiap hari Senin pertama di bulan Juni sebagai hari Samantha Smith dan sebuah patung dirinya ada di Maine State Museum.

Sumber: Maine Historical Society

 

Posting Komentar untuk "Samantha Smith (Duta Perdamaian Dunia dari Maine)"