Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMBUKTIAN KASIH Yohanes 12:1-8

Maka kata Yesus: ”Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu.” Yoh. 12:7-8

Pendahuluan

1.      Perjamuan Malam untuk Yesus.

2.      Pesta syukur atas kebangkitan pada diri Lazarus

3.      Maria mengungkapkan syukurnya kepada Yesus

PEMBUKTIAN KASIH  Yohanes 12:1-8


Tindakan-Tindakan apakah yang membuktikan kasih kita yang menyenangkan hati Tuhan ?

Dalam Yohanes 12:1-8 kita dapati bahwa ada 4 tindakan yang membuktikan kasih Maria yang menyenangkan hati Tuhan Yesus , yaitu:

I. PENGORBANAN

“Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya,…”

1.      Lukas 7:37 Perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa

2.      Mungkin dia adalah perempuan yang kedapatan berzinah yang dibawa ahli-ahli Taurat& orang-orang Farisi kepada Yesus. Yesus katakan: “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi mulai sekarang (Yohanes 8:11)

3.      Minyak narwastu menurut Yudas Iskariot seharga 300 dinar, 1 dinar upah pekerjaharian untuk 1 hari. Berarti upah selama 300 hari (kalau sehari 30.000X300=9.000.000)

4.      Maria tidak memperhitungkan berapa besar yang harus dikorbankan karena Yesus telahmenyelamatkan dia dari rajaman batu dan terlebih dari lembah dosa.

5.      "Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutanglima ratus dinar, yang lain lima puluh. Karena mereka tidak sanggup membayar, makaia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akanterlebih mengasihi dia?"

Penerapan:

1.      Bersyukur sdr dipanggil untuk melayani secara khusus, jangan berpikir sdr merasalebih hebat daripada orang yang tidak terpanggil seperti sdr. Tetapi pikirkanlah danlakukanlah pengorbanan yang lebih besar karena sdr telah menerima kasih karunia.

2.      Semakin orang menyadari diri berdosa dan telah menerima begitu besar kasih karunia,maka ia akan selaluberusaha berkorban dan rasa terus masih kurang pengorbanannya.

II. Pelayanan

“…lalu meminyaki kaki Yesus …”

1.      Maria melakukan apa yang terbaik yang dia bisa lakukan bagi Yesus

2.      Yesus menghargai pelayanan Maria

3.      Yesus menegur Simon atas tangggapan Simon terhadap Maria, seperti tanggapan YudasIskariot. Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuhkaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya denganrambutnya. Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinyamencium kaki-Ku. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi diameminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi Lukas 7:44-46

Penerapan

1.      Sudahkah kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi Yesus?

2.      Matius 25:40 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukanuntuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannyauntuk Aku.

3.      Kesaksian

III. Pemuliaan

1.      Maria menyeka kaki Yesus dengan rambutnya

2.      Maria menempatkan dirinya serendah-rendahnya dihadapan Yesus, sebaliknya dia maumeninggikan, menunjukkan pengharagaan/penghormatan yang setinggi-tingginya.

3.      Ungkapan Maria dalam meninggikan Yesus dengan cara menyeka kaki Yesus denganrambutnya.

4.      Petrus mengungkapkan kemuliaan Yesus dengan meminta “disalib kepala dibawah”

5.      Yohanes memuliakan Yesus pernyataan”Ia harus makin besar aku harus makin kecil” Yohanes 3:30

Penerapan:

1.      Dalam hidup kita siapakah yang dipermuliakan?

2.      Dalam keberhasilan sdr siapakah yang sdr akui sebagai penentu kesuksesan?

3.       Waktu kami BPD bertemu dengan seorang pengerja, kami ingin menanyakan komitmendan kesungguhan dalam panggilan. Dia menyatakan: saya gagal belum bisa bangun jemaat dan gereja karena kuasa Tuhan tidak menghendaki. Hati!!!

IV. Penyediaan Diri

1.      Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-KU

2.      Maria melakukannya dan dia tidak berpikir jauh bahwa apa yang dilakukannya menjadi jalan Tuhan untuk berkarya

3.      Maria ibu Yesus : “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurutperkataanmu.” Lukas 1:38

Penerapan:

Mari menyediakan diri kita untuk taat dan tetap dalam panggilan Tuhan kepada kita, itulahcara untuk menyediakan diri kita dipakai oleh Tuhan bagi kemuliaannya. Ingin dipakaioleh Allah sediakan dirimu untuk taat.

Posting Komentar untuk "PEMBUKTIAN KASIH Yohanes 12:1-8"