Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Kebangkitan Bagi Orang Percaya - 1 Korintus 15:12-23

Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. 1 Korintus 15:12-13

 

Makna Kebangkitan Bagi Orang Percaya - 1 Korintus 15:12-23

Kematian yang memungkinkan adanya kebangkitan dan kebangkitan dimungkinkanadanya kematian. Peristiwa kematian merupakan peristiwa penaburan dan peristiwakebangkitan merupakan peristiwa pertumbuhan. Kebenaran inilah yang diungkapkanTuhan Yesus ketika Ia berkata: “Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalamtanah dan mati, ia tetap satu biji saja, tetapi jika ia mati, ia kan menghasilkan banyakbuah.” Bertitik tolak pada nats I Kor 15:12-58 kita akan mempelajari beberapa maknakebangkitan bagi orang percaya yaitu:

Pertama, kebangkitan memberi dasar/arti kepada kepercayaan kita (15:14,17-18). Kepercayaan Kristus adalah kepercayaan yang didasarkan di atas batu karang, yaitukepercayaan yang didasarkan kepada batu hidup, bukan kepada Kristus yang mati.

Kedua, kebangkitan memberi kuasa/dinamika kepada kesaksian kita (ay. 14-15). Kebangkitan-Nyalah, bukan kematian-Nya yang meneguhkan dan memateraikanpenyelamatan-Nya. Kubur yang kosong bukan salib, yang membuktikan keMesiasan dankeAllahan-Nya. Kesaksian Kristen adalah kesaksian yang mengandung kehidupan dankuasa (Ibrani 4:12; Yes. 55:11).

Ketiga, kebangkitan memberi isi kepada pengharapan kita. Bertitik tolak dari nats ini, Paulus menyuguhkan 2 macam isi pengharapan Kristen yaitu:

1.      Kebangkitan tubuh. “Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati sebagaiyang sulung dari yang telah meninggal (ay. 20). Jika seorang dinamakan sulung berarti diaberadik. Kalau dikatakan bahwa Yesus dibangkitkan sebagai yang sulung, berarti ada saudara-saudaranya yang akan menyusul yaitu orang percaya (ay.23). Pada saatkedatangan Yesus yang kedua kalinya semua kubur orang percaya akan menjadi kosong.

2.      Kemuliaan tubuh. Darah dan daging tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah danyang binasa tidak mendapt bagian dalam apa yang yang tidak binasa. Maksudnya manusia tidak akan masuk surga dengan tubuh yang dimiliki selama di dunia ini.

Dalam ayat 35-37 dijelaskan bahwa tubuh yang kita miliki sekarang adalah tubuh kebinasaan, tubuh yanglemah, tubuh alamiah, tubuh yang bersal dari tubuh tanah dan tubuh jasmani.[1]



[1] Maurits Silalahi, Siraman Rohani: Kumpulan Khotbah Ekspositori  (Makassar: Lembaga PenerbitanSTT Jaffray, 2007), 37-40

Posting Komentar untuk "Makna Kebangkitan Bagi Orang Percaya - 1 Korintus 15:12-23"