Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Takut akan Tuhan - Amsal 1:7

Amsal 1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Amsal 9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

 

Manfaat Takut akan Tuhan - Amsal 1:7

Alkitab menggunakan beberapa kata untuk mengartikan takut atau ketakutan. Yangpaling umum ialah Ibrani “ yir’a” dan “pakhad” Yunani “ fobos”. “Secara teologis dapatdikemukakan empat yang utama; ketakutan yang kudus, takut diperbudak, takut kepadamanusia, dan yang disegani”.[1] Takut akan TUHAN berarti merasa gentar (ngeri) atausegan terhadap yang Mahatinggi, Mahamulia, Mahakudus, dan Mahakuasa. “takutakanTUHAN merupakan ketakutan yang kudus, dimana sikap ini adalah dampak daripengenalan orang percaya akan Allah yang hidup”.

Takut akan Tuhan adalah kesadaran akan kekudusan, keadilan dan kebenaran-Nyasebagai pasangan terhadap kasih dan pengampunan-Nya, yaitu: mengenal Dia danmemahami sepenuhnya siapakah Dia (bd. Ams. 2:5). Takut akan Tuhan berartimemandang Dia dengan kekaguman dan penghormatan kudus serta menghormati-Nyasebagai Allah karena kemuliaan, kekudusan, keagungan, dan kuasa-Nya yang besar (Flp.2:12).[2]

Ada beberapa manfaat yang kita peroleh karena kita takut akan Tuhan yaitu:

Pertama, hikmat. “Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dankerendahan hati mendahului kehormatan; Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN,dan mengenal yang mahakudus adalah pengertian” (Amsal. 9:10; 15:33).

Kedua, pengetahuan. “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodohmenghina hikmat dan didikan” (Amsal. 1:7); “Oleh karena mereka benci kepadapengetahuan dan tidak memilih takut akan TUHAN” (Amsal 1:29).

Ketiga, kehidupan. “Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut”.(Amsal. 14:27).

Keempat, umur panjang. “Takut akan TUHAN memperpanjang umur,tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek” (Amsal. 10:27).



[1] Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid II, (Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1995), 438-439

[2] Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan (Malang: Gandum Mas, 2000), 286.

Posting Komentar untuk "Manfaat Takut akan Tuhan - Amsal 1:7"