Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AKULAH TERANG DUNIA

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Yohanes 8:12.

AKULAH TERANG DUNIA

Yesus Kristus adalah terang dunia. Ia datang untuk menerangi dunia yang ada dalam kegekapan dosa. Sumber terang adalah Tuhan Yesus Kristus yang diproyeksikan kepada manusia untuk menerangi bumi. Dalam bacaan kita saat ini, Tuhan Yesus dengan jelas menyatakan dirinya sebagai ”Terang Dunia.”. Terang dunia, artinya yang menerangi dunia.

Apa makna terang yang disampaikan oleh Tuhan Yesus? Ketik Yesus berkata Akulah terang dunia, sesungguhnya Tuhan Yesus sedang menyatakan diri-Nya sebagai Allah. Wahyu 22:5 tertulis demikian,” Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya”.

Ayat ini menyampaikan dengan jelas bahwa Tuhan Allah akan menerangi mereka. Dengan demikian dapat kita mengerti bahwa Tuhan Allah adalah Sang Terang itu. Kalau kta hubungkan ayat tersebut dengan pernyataan Tuhan Yesus dalam Yohanes 12:8 bahwa Akulah terang dunia, maka kita dapat mengerti bahwa Yesus sesunggguhnya sedang menyatakan diri-Nya sebagai Tuhan Allah, pencipta langit dan bumi.

Yesus adalah terang yang kita butuhkan setiap hari.

Dalam kehidupan kita setiap hari, kita membutuhkan cahaya, lampu di rumah kita. Apalagi ketika malam, kita membutuhkan cahaya lampu. Pada waktu pagi, siang, kita mungkin tidak perlu cahaya lampu di rumah, karena sudah ada terang dari matahari yang bersinar ke bumi. Kita selalu membutuhkan terang setiap hari. Tanpa matahari, dunia akan gelap. Tanpa lampu di rumah kita, kegelapan akan menguasai. Apa artinya? Artinya adalah bahwa terang itu sesnugguhnya sesuatu yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita.

Kegelaan berbicara tentang dosa. Dunia ini dikuasai oleh kegelapan dosa dan iblis.Siapa yang mengikuti Yesus, maka dia ada di dalam terang. Kalau kita senantisa  berada dekat dengan Tuhan Yesus, maka hidup kita akan dibersihkan dari dosa. Kalau kita memiliki sebuah ruangan, dan di ruangan itu tidak ada lampu, maka kita tidak akan tahu apakah ruangan itu kotor, atau bersih. Apalagi bila ruangan itu didiamkan selama beberapa waktu, barangkali kita tidak akan menyadari bahwa ruangan itu penuh dengan kekotoran. Saat kita memasang lampu dalam ruangan itu, maka kta akan melihat bagian mana yang kotor, lalu kemudian kita akan membersihkannya.

Demikian juga dengan kehidupan kita pribadi. Kalau kita jauh dari Tuhan Yesus, maka kta tidak akan menyadari bahwa sesungguhnya hidup kita penuh dengan kekotoran. Kita akan terus tertimbun dengan dosa, dan segala keinginan dosa. Namun kalau kita dekat dengan Sang Terang itu, yaitu Tuhan Yesus Kristus, maka cahaya terang-Nya, kebenaran-Nya akan menerangi hati kita dan memimpin kita sehingga kita hidup benar. Hidup kita bersih, oleh karena terang dari Tuhan.

Dalam ayat ini juga Tuhan Yesus berkata,”…barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."( Yohanes 8:12 b). Perkataan Tuhan Yesus tentang mengikut Aku, itu berarti sebuah tindakan yang berkelanjutan, sampai akhir. Kita tidak dapat mengikuti Tuhan Yesus hanya sampai tahun depan, atau kita berkomitmen mengiring Tuhan Yesus sampai 2020, tentu tidak bisa demikian.

Jika kita mengikut Tuhan Yesus, itu adalah suatu komtmen sampai akhir. Dan itu yang dikehendaki oleh Tuhan Yesus. Kita harus ikut dengan Tuhan Yesus sampai akhir. Kita akan diakui oleh-Nya bila kita bertahan.

Makna Terang.

Terang berbicara tentang harapan, semangat Bayangkan jika tidak ada terang setiap hari dalam kehidupan kita. Tidak ada lampu, tidak ada listrik, tidak ada energi, Terang berbicara tentang harapan, Firman Tuhan berbicara kepada setiap kita, bahwa setiap hari kita membutuhkan terang. Dan terang itu membuat kita dapat tetap kuat.

Penutup

Kita memiliki mandat sebagai terang dunia. Artinya terang yang menyinari dunia. Mari kita menyadari akan hal ini. Hiduplah senantiasa di dalam kasih Tuhan. Jangan jauhkan diri kita dari Tuhan. Di luar Tuhan, kita akan berlumuran dengan dosa. Diluar Tuhan kita tidak akan memiliki kehidupan. Biarlah firman Tuhan saat ini menguatkan kita, memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran Allah.

                                                        Klik Link di bawah..VV



Posting Komentar untuk "AKULAH TERANG DUNIA"